Tim Van Damme Inspired by Tim Vand Damme

Network

Blog

16 November 2009

Tips Memberi Nama Kepada Manusia


Kalau ngasih nama anak jangan kepanjangan,
atau kependekan, atau ngeribetin, atau, atau, atau.....


Salah satu hal yang membedakan manusia dengan hewan itu... manusia menggunakan nama sebagai pembeda dengan sesamanya. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan (pantangan), sebelum anda berniat punya anak. Kalau belum siap ngasih nama anak, coba jangan bikin anak dulu. Ya?!
 
Pertama, perhatikan sisi kebutuhan akan sebuah nama

Nama itu fungsi utamanya sebagai pembeda orang yang satu dengan orang lainnya. Jadi Mengcopy-paste nama orangtua dan menambahkan angka/Jr diujung nama, mencerminkan diri anda sebagai orangtua yang tidak kreatif. Minimal kasih nama depan yang orisinil lah...

Nama jangan hanya terdiri dari satu kata! Minimal dua kata: first name & last name. Hal ini menjadi penting saat anak kalian mau bikin passport. Blah! jangankan passport, daftar email/facebook aja mesti 2 nama! Idealnya sih menggunakan 3 kata, soalnya beberapa game masih menggunakan 3 huruf inisial untuk mencantumkan daftar Top Score.

Jangan kebanyakan kata. Karena beberapa formulir tidak menyediakan titik-titik sebagai lahan untuk diisi dengan nama. Inget formulir SPMB? Di kolom nama (cuma) disediain kotak yang jumlahnya cuma 30 karakter kalo ga salah buat ngisi nama. Belum lagi kalo ngebayangin harus ngeitemin puluhan buletan cuma buat nama doang ckckckck.... Beberapa formulir asuransi dan bank juga menggunakan kotak-kotak ketimbang titik-titik.

Sebisa mungkin gunakan juga nama yang simpel. 'Dian' lebih simpel ketimbang 'Diyan', 'Nur' lebih simpel ketimbang 'Noor', 'Niki' lebih simpel 'Nicky', 'Filip' lebih simple ketimbang 'Phillip', dan 'Ujang' lebih simpel ketimbang 'Oedjank'. Hal ini sangat berguna saat anda mengurus akte kelahiran di daerah pelosok pedalaman. Petugasnya seringkali salah ketik.

Dan yang sangat tidak disarankan adalah memberi nama dengan satu kata tapi panjang: Syaephoelljamilahankosongdythanamissingkonq

Karakter nama

Seringkali kita menjumpai nama yang berhubungan dengan waktu: Fajar atau Ramdhani misalnya. Tidak masalah. Hanya saja coba hindari penggunaan nama yang menggambarkan biodata. Hal ini demi mencegah hacker atau orang-orang bermaksud jahat yang berniat mencuri/membobol harta/informasi anak anda nantinya. Novi, Leo, atau Valentino sangat mudah ditebak bulan kelahirannya. Trik: coba gunakan kalender non-gregorian: hijriah, kalender suku Maya/Aztec/Mesir misalnya.

Maskulinitas dan Feminitas sebuah nama juga penting loh! Agustina adalah nama feminin, tapi teman-temannya akan memanggil anak itu dengan 'Agus' yang sangat maskulin. Hal ini akan menggangu mental si anak saat masih dalam usia muda. Kisah nyata: teman gw yang bernama Devi memperkenalkan dirinya sebagai Ived (baca: Ipet) biar tidak terdengar feminin; ya, teman saya itu laki-laki, tapi namanya Devi.


Wajar kalau kita berharap punya anak yang cantik, atau gagah, atau apapun. Dan kita berharap anak tersebut akan menjadi seperti yang kita harapkan kalau diberi nama yang sesuai. Tapi catat: 85% anak bernama Muhammad adalah anak bandel! (pengalaman pribadi). Gak tahu sih nanti kalau udah gede masih tetep bandel apa engga. Tapi yang jelas kalo kita berharap anak yang dikasih nama Muhammad dengan sendirinya akan jadi anak baik, itu salah besar. Cara asuhlah yang menentukan sikap & kepribadian anak, bukan nama. (mungkin itu sebabnya banyak 'Muhammad kecil' yang bandel ya?)

Menggunakan nama benda/sifat sebagai nama orang kadang bisa jadi ide brilian. 'Intan' bisa jadi nama yang menggambarkan seorang perempuan cantik dan kuat. Tapi, siapa yang tahu masa depan? Bagaimana kalau ternyata Intan tumbuh dengan wajah tidak cantik dan sakit-sakitan? Mungkin menggunakan nama benda/sifat yang karakternya tidak terlalu mencolok merupakan pilihan bijak. 'Awan' contoh yang bagus. Salah satu triknya dengan menggunakan kata benda dari bahasa asing (luar negeri/daerah) tapi dengan menggunakan ejaan Indonesia, misal: Fani. Seandainya Fani tumbuh jadi anak yang tidak Funny, orang tidak akan mudah menyindir namanya. Lebih bagus lagi kalau menggunakan kata dari negeri yang benar-benar asing bahasanya. Coba gunakan bahasa Tagalog.

Nama yang muncul, secara tiba-tiba; mendadak pop-up begitu saja di otak bisa jadi nama yang orisinil dan tidak ada duanya. Namun jangan sampai anda malas mencaritahu arti dari nama tersebut. Karena nama 'Jalmowono' ternyata artinya OrangUtan. Google diciptakan untuk ditanyakan, bukan didiamkan.

Menggunakan nama hewan/tumbuhan juga terkadang hal yang keren. Temen gw namanya Rabitu. Keren. Tapi nama 'Bunga' atau 'Melati' itu terkadang tidak keren. Bukannya gimana-gimana yah, tapi kadang media massa menggunakan nama bunga untuk menyamarkan nama korban perkosaan: "Gadis yang baru saja duduk di kelas 2 SMA itu, sebut saja Mawar, tidak menyangka akan diperkosa kakeknya sendiri." Raflesia Arnoldi juga terdengar keren, tapi padanannya sangat tidak keren (bunga bangkai).

Menggunakan mana orang lain itu sah-sah saja. Tapi perhatikan juga resikonya. Kalau orang tersebut mendadak melakukan hal tercela, anak anda akan kena getahnya. Triknya mungkin dengan menggunakan nama orang yang sudah meninggal, yang track record-nya sudah jelas: orang baik/jahat. Nah, kitab suci bisa jadi rujukan yang bagus untuk mencari nama, misal: Lucifer, Firaun, Namrud, dkk.


Lokalisasi nama

Coba gunakan nama global, yang sekiranya bisa disebut dalam berbagai bahasa dunia. Orang Jepang sulit menyebut 'L' dan orang China sering gagal menyebut 'R', orang Sunda susah bilang 'F' atau 'V' dan orang Amerika susah menyebut 'Kh' atau 'Ch'. Huruf 'N', 'K', 'T', 'S' sangat universal, rata-rata diucapkan dengan bunyi yang sama dibelahan negara manapun. Coba buat nama dengan menggunakan huruf-huruf tersebut, misal: STiNK.

Membuat kombinasi nama lokal-internasional juga bagus. Tapi perhatikan negara-negara ini: Arab, Israel, Korea (Utara) punya musuh yang kuat di beberapa belahan dunia. Nama-nama berbau Arab kadang bisa jadi masalah di beberapa airport. Israel image-nya Zionis penghancur dunia, dan Korea (Utara) image-nya Komunis yang ketinggalan jaman. Lalu, image muslim sebagai teroris juga masih melekat di benak masyarakat dunia, khususnya petugas imigrasi Eropa-Amerika (setidaknya sampai tulisan ini dibuat). Orang bernama Abdul, Muhammad, Osama, Hussein, seringkali 'nyangkut' di kantor imigrasi sejam lebih lama ketimbang orang lain. Dulu nama Rusia juga masuk blacklist, tapi sekarang sudah tidak. Anda aman memberi nama anak anda Asep Cecep Gorbachev.


Segitu saja dulu....nanti di update kalo dapet ide tambahan.

Btw, arti nama kalian apa? Kalo gw: Lendra Bayu Pratama

Lendra : singkatan LahiErNya Di Bulan RAmadhan; nama raja yang bangun Candi Borobudur
Bayu : waktu hamil gw, nyokap kegerahan, ga bisa tidur kalo ga meluk kipas angin
Pratama : Pertama, anak sulung

8 komentar:

TianMuhammad mengatakan...

udah ada rencana punya anak berapa, Om? hehehe

Andie mengatakan...

sekali lg bos.

Andie mengatakan...

nama yang paling bagus 'Riandy Satria Putra'. *halah*

Fanfunfun mengatakan...

huwoo..namaku nyempil atu.. :D

btw, waktu aku penyuluhan kemaren, aku nemu anak SD yang namanya Saddam Husein..
trus waktu penelitian, aku nemu subjek penelitian yang punyai nama
Jems Bone dan kita bingung manggilnya Jems Bone (seperti Ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar) atau dipanggil seperti halnya nama tokoh film "James Bond"

haha..

setujuh.. namaku kependekan..-,-'
tapi menguntungkan pada waktu SPMB..di saat orang-orang masi ngebulet2in nama, saya sudah ongkang2 kaki.. :D

LeBay mengatakan...

@PanglimaTianFeng
sejauh ini belum berencana punya anak oom.. masih ingin menikmati masa remaja, sayakan kelahiran taun `92 #halah

@Andiegokil
terserah lo deh Ndie... hahahah...

@Fanfunfun
Jems Bone? waktu KKN di Cirebon saya berkenalan dgn bocah SD bernama 'Busana Muslim'

miwwa mengatakan...

iiiihh lebay udah mau punya anak ya???

LeBay mengatakan...

iya nih Miw, jgn bilang2 orang yah hiihihih

Vie™ mengatakan...

wahahahahahahhahaha~

Nama teman gue Novi, tapi cowok, berkumis pula. :))

"Coba gunakan nama global, yang sekiranya bisa disebut dalam berbagai bahasa dunia. Orang Jepang sulit menyebut 'L' dan orang China sering gagal menyebut 'R', orang Sunda susah bilang 'F' atau 'V' dan orang Amerika susah menyebut 'Kh' atau 'Ch'. Huruf 'N', 'K', 'T', 'S'" --> kalo gitu namanya Zzzzzz aja. Biar gak banyak pake huruf. :))

Ehm, since you asked, arti nama Viona, Viona itu cantik. :))) Dan Patricia itu artinya semacem bangsawan gitu.. hiahaha...

Viona Patricia = Bangsawan cantik!
Meskipun gak suka mandi. Hahahaha~

Anyway, anakmu nanti namanya siapa, Bay?

Poskan Komentar


Silverlite Design by Insight © 2009